SEANDAINYA SAYA PRESIDEN - INSPIRASI SYARIAH

Senin, 07 Juli 2014

SEANDAINYA SAYA PRESIDEN


SEANDAINYA SAYA PRESIDEN-
Oleh  Abdul Hamid
Seandainya saya presiden. Saya akan tanamkan kedalam hati nurani saya dan keluarga saya, bahwa saya diberi amanat menjadi pemimpin adalah untuk mengabdi kepada bangsa ini. Mereka tidak boleh menggunakan fisilitas negara untuk keperluan pribadi. Apalagi memanfaatkan jabatan saya sebagai kepala negara sebagai tameng untuk memperkaya diri dan turut campur urusan negara.
Setelah memberi teladan dilingkungan keluarga, saya akan membenahi  persoalan negara dimulai dengan perekrutan mentri yang nantinya akan membantu saya dalam menjalankan tugas dan program negara.  Saya akan merekrut anggota kabinet yang terpercaya dan dipercaya oleh rakyat dengan melihat rekam jejak mereka. Para mentri harus memiliki sikap amanah, jujur, tegas, dan siap untuk bekerja keras. Setelah itu, saya akan melakukan beberapa pembenahan diantaranya :

1.      Saya akan me-nasionalisasikan aset-aset negara terutama yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak dari kepemilikan asing kepada anak-anak bangsa yang memiliki kemampuan manajerial dalam mengelola BUMN.
2.      Membuat program swasembada pangan dalam negeri. Langkah pertama ialah dengan melibatkan institusi dunia pendidikan agar  melakukan riset dan membuat tehnologi yang tepat guna bagi petani. Sehingga dalam jangka waktu 3 tahun saya bisa membuat regulasi untuk menekan impor dari luar negeri.
3.      Membenahi sistem transpotasi darat, udara dan laut. Sehingga melahirkan transportasi massal yang murah dan nyaman bagi rakyat. Apabila ini dilakukan dengan baik, maka  akan mengurangi tingkat pemakaian kendaraan pribadi yang selama ini banyak menyebabkan kemacetan dan pemborosan bahan bakar minyak. Dengan demikian negara akan diuntungkan karena negara tidak lagi dipusingkan dengan persoalan subsidi BBM yang banyak dinikmati oleh orang kaya.
4.      saya akan sering turun kelapangan. Meninjau langsung, proyek dan program yang sedang dikerjakan oleh pemerintah. Saya juga akan sering berkunjung kedaerah-daerah terpencil, pulau-pulau terluar dan daerah  tertinggal untuk menyerap aspirasi rakyat tentang persoalan yang mereka hadapi. Dalam setiap kunjugan kerja saya tidak akan menggunakan pesawat carter maupun kendaraan pribadi. Disamping dapat mengurangi anggaran rumah tangga ke-presidenan saya juga bisa mengetahui langsung pembenahan sistem transportasi yang saya canangkan. Selain itu, saya tidak akan menginap di hotel berbintang. Saya akan menginap di rumah warga seperti yang dilakukan oleh Meneg BUMN Dahlan Iskan.
Itulah yang saya akan lakukan seandainya saya menjadi presiden. 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentar sesuai dengan topik, gunakan Name dan URL jika ingin meninggalkan jejak, link hidup dalam komentar dilarang, melanggar kami hapus